Jumat, 02 April 2010

Tes Daihatsu Terios TS A/T

Setelah sukses meluncurkan Terios TX A/T, maka PT DAIHATSU ASTRA MOTOR (ADM) mencoba untuk memberikan sesuatu bagi para pembeli varian termurah pada Terios yaitu tipe TS dengan transmisi matik.

Lalu bagimana dengan performanya ? Apakah sama dengan tipe TX ? Dan bagaimana perbedaannya dengan yang manual ? Untuk itu saya mendapatkan hasil tesnya sebagai beikut :
Pada saat dicoba di jalan datar sih relatif enggak menemui masalah. Hanya pada saat akselserasi tarikan Terios TS matik ini tak segahar yang manualnya. Injak poll!!! Mesin pun meraung dan mobil pun berlari, perpindahannya memang tak terlalu halus, meski hentakannya pun tak tergolong mengganggu.

Bejek santai? Hmm, lumayan enak buat jalan-jalan. Sepertinya mobil 7 seater ini pas juga untuk ibu-ibu mengantar anaknya ke sekolah atau sekadar mengunjungi pusat perbelanjaan.






Walau di jalan jelek suspensinya masih oke juga, apalagi postur jangkung membuat pengemudinya lebih pede melewati jalan berlubang atau aspal rusak seperti rute Jakarta-Anyer, misalnya.

Perpindahan transmisi pun masih baik di jalan datar, hanya di tanjakan, pilihan untuk memindahkan tuas dari D ke 3 atau 2 saat menanjak lebih enak dibandingkan mengandalkan menginjak pedal gas lebih dalam agar terjadi efek kick down.

Sementara pada jalan menurun, ada efek engine brake dari transmisi Terios TS ini yang sangat membantu pengereman di turunan. Namun, jika terlalu curam sebaiknya lakukan downshift dengan memindahkan ke posisi 2 atau bahkan lebih rendah lagi.

Dibawah ini adalah tabel rangkuman dari hasil tes yg saya peroleh :

Hasil Tes
Akselerasi
0-100 km/jam 15,2 detik
40-80 km/jam 6,3 detik
0-402 m 21,1 detik
Pengereman
100-0 km/jam 44 m
konsumsi bahan bakar (liter/km)
dalam kota 1/9,6
Konstan 100 km/jam 1/13,8
Luar kota 1/14,7

2 komentar:

  1. dr sisi exterior & interior,ts at vs tx at perbedaan apa saja? terima kasih

    BalasHapus
  2. Kalau Daihatsu Terios yang terbaru di tahun 2020 apakah sudah pernah test drive, bagaimana performanya Terios?

    BalasHapus